Info Wisata

Museum Dirgantara di Jogjakarta Yang Pantas Untuk di Kunjungi

Museum Dirgantara
Posted by editor

Museum Dirgantara menjadi museum yang jauh lebih menarik jika dibanding dengan museum-museum lainnya jogja. Museum ini terdapat benda-benda dari TNI AU seperti foto, pakaian dinas TNI AU, patung tokoh-tokoh TNI-AU dan diorama lengkap dengan koleksi persenjataan dan perlengkapan di dalam laut seperti radio, pemancar, Radar dan lain-lain.

Museum Dirgantara terletak di sebelah timur jembatan layang Janti yang dapat kamu tempuh menggunakan kendaraan umum, bahkan tak jarang pengunjung datang secara bergerombol menggunakan jasa sewa bus untuk sampai ke Museum Dirgantara. Museum Dirgantara menjadi objek wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Museum ini dapat menyenangkan  anak-anak dan belajar banyak hal tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta peranan TNI AU dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Dan yang akan membuat anak-anak lebih senang lagi dimana mereka dapat melihat secara langsung berbagai jenis pesawat yang terpampang di halaman museum ini seperti pesawat tempur, pesawat angkut hingga pesawat sipil yang beberapa di antaranya juga bisa dinaiki. Di museum ini juga tersedia tempat foto bagi siapa saja yang ingin bergaya bagaikan sorang pilot, karena ada penyewaan pakaian pilot dan bergaya seolah sedang mengendalikan pesawat.

 Di dalam gedung juga terdapat 4 patung tokoh TNI AU yaitu Marsekal Muda Anumerta Abdul Halim Perdanakusuma, Marsekal Muda Anumerta Profesor Doktor abdul Rahman Saleh, Marsekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto dan Marsekal Muda Anumerta Iswahyudi, di mana keempat orang tersebut adalah pahlawan nasional dan nama-nama mereka dijadikan nama bandara.

Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp Rp3.000 per orang, kamu sudah bisa mengajak keluargamu untuk menikmati museum kebanggaan TNI AU ini. Jika ingin mencobanya, kamu bisa langsung datang ke alamat Kompleks Landasan Udara Adisutjipto, Jl. Kolonel Sugiyono, Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah istimewa Jogjakarta. Jarak museum dari pusat kota Jogja hanya sekitar 6 km. Museum ini dulu berada di Jakarta tepatnya di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta hingga akhirnya di tahun 1978 dipindahkan ke Jogjakarta.

Leave A Comment