Kesehatan

Benarkah Memakai Masker Saat Berolahraga Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan? Temukan Jawabannya Disini!

Memakai Masker Saat Berolahraga Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan
Posted by editor

Munculnya virus corona atau covid-19 di Indonesia telah menimbulkan banyak sekali perubahan, terutama pada gaya hidup sehari-hari. Untuk mengurangi penyebaran virus corona, semua orang diwajibkan memakai masker ketika hendak keluar rumah, tak terkecuali saat berolahraga. Dari sekian macam olahraga, bersepeda merupakan olahraga yang paling banyak diminati masyarakat. Tak heran belakangan ini jalan raya selalu ramai dipenuhi pengendara sepeda. Namun tahukah kamu bahwa baru-baru ini dikabarkan ada seorang pengendara sepeda yang meninggal akibat menggunakan masker saat bersepeda. Lebih tepatnya diakibatkan terkena serangan jantung. Nah melihat peristiwa ini, kira-kira apa yang kamu pikirkan pertama kali? Apakah kamu merasakan kekhawatiran jika berolahraga tanpa memakai masker? Lalu sebenarnya bahaya nggak sih penggunaan masker saat sedang berolahraga? Biar nggak lebih penasaran lagi, yuk simak penjelasan berikut.

Kebenaran Penggunaan Masker Saat Berolahraga dan Tipsnya

Menggunakan masker ketika pergi keluar rumah memang sudah menjadi hal yang wajib kita lakukan demi mencegah penyebaran dan penularan virus covid-19. Namun saat hendak berolahraga, sejumlah orang merasa bingung dan khawatir terhadap penggunaan masker saat berolahraga mengingat kabar adanya pengendara sepeda yang meninggal saat sedang bersepeda. Pertama-tama, kita harus tahu dulu bahwa aktivitas olahraga membutuhkan oksigen lebih banyak dibandingkan aktivitas lainnya. Semakin berat olahraga yang dilakukan, semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan. Maka dari itu, penggunaan masker saat berolahrga terbilang berbahaya bagi kesehatan. Mengapa demikian? Sebab saat berolahraga tubuh kita pasti akan mengeluatkan keringat sehingga membuat masker yang kita pakai menjadi basah. Masker basah inilah yang membuat kita terganggu, tidak nyaman, serta menimbulkan sekresi pada hidung. Tak hanya itu saja, masker yang basah tidaklah efektif dalam menangkal penularan dan penyebaran virus corona.

Baca Juga resep pastel talas

Penggunaan masker ketika berolahraga juga akan membuat seseorang keracunan karbon dioksida. Saat berolahraga, tentunya kita bernapas dengan menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida. Nah apabila kita memakai masker, yang ada bukan oksigen yang dihirup melainkan karbondioksida. Karbon dioksida akan menuju sistem pernapasan, dan apabila jumlahnya terlalu banyak akan meningkatkan risiko keracunan karbon dioksida. Gejala-gejalanya ditandainya dengan rasa mual, sakit kepala, pusing, serta melemahnya detak jantung.  Jika kondisinya lebih parah dan tidak segera ditangani, akan menyebabkan kejang-kejang, koma, hingga kematian.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingankan saat berolahraga di tengah-tengah masa pandemi, kita perlu menerapkan tips-tips berikut.

  1. Saat berolahraga, hindari tempat yang ramai. Ada baiknya untuk memilih rute yang sepi untuk menghindari kerumuman banyak orang. Jadi, kamu nggak perlu deh menggunakan masker saat berolahraga.
  2. Jika kamu ingin berolahraga bersama orang lain, boleh-boleh saja kok asalkan tetap menjaga jarak sesuai aturan.
  3. Memilih olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah sehingga tak perlu memakai masker dan terhindar dari kerumunan. Misalnya saja senam, dan yoga.

Demikian artikel yang berkaitan dengan bahaya penggunaan masker saat berolahraga di tengah-tengah masa pandemi. Pergi berolahraga ke luar rumah boleh-boleh saja kok, asalkan kita tetap waspada dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan!

Leave A Comment